Saturday, 4 May 2013

Pro Dan Kontra

Si A bilang gini tentang penampilan kamu. Si B bilang begitu tentang pacar kamu. Si C komen ini dan itu tentang kerjaan kami. Setiap ada yang baru entah itu penampilan, perilaku, pacar, aksesoris sampe hal remeh temeh kayak theme hanphone atau sabun mandi selalu ada saja ya yang komentar. Syukur kalo komentarnya baik. Nha kalo nggak, kuping jadi panas ya...? Syukur kalo kitanya sabar. Nha kalo nggak, bisa menyulut perang dunia tuh...! Hehehe

Pro dan kontra. Mendukung dan mencemooh. Positif dan negatif. Setiap sesuatu selalu ada sisi baik dan sisi buruknya. Orang lain berkomentar karena mungkin mereka cenderung pada salah satu sisinya. Yang komen baik alias yang pro lebih ngeliat ke sisi positifnya. Yang mencemooh alias yang kontra lebih condong ke sisi sebaliknya. Pro dan kontra selalu ada dalam hal apapun!

Jadi bagaimana sikap kita?

Kalau kita pelaku maka sebelum melakukan apapun  kita harus timbang positif dan negatifnya. Lebih banyakan mana nih antara keduanya. Kalo udah yakin banyakan positifnya nggak usah takut melangkah. Kita juga bisa minta pendapat kalo kita bingung. Tentu ke orang-orang yang kita percaya. Atau mungkin berkonsultasi dengan ahlinya? Bisa juga! Intinya kita harus yakin dengan apa yang akan kita lakukan atau apa yang kita pilih. Karena sebesar keyakinan itu pula kekuatan kita untuk bertahan nantinya. Bertahan dari suara-suara yang akan menggerus semangat dan keyakinan  kita!

Sebagai pengamat, kita harus bersikap terbuka dan objektif. Jangan terpengaruh dengan apa yang dikatakan oleh orang lain. Berikan penilaian yang objektif terhadap apa yang dilakukan oleh orang lain. Sejahat apapun itu kelihatannya terkadang ada sesuatu yang mendasari niatan tersebut. HINDARI ngomong di belakang alias gosip. Kalo memang ada yang nggak sreg tanyakan saja ke orangnya. Jangan mengandalkan kabar burung. Karena kabar burung itu nggak jelas sumbernya. Apalagi validitasnya!

Tetaplah percaya dengan  apa yang kamu lakukan atau apa yang kamu pilih. This is your life! Sayang sekali kalau hanya digunakan untuk mencari perhatian orang lain. Ingat, kita tak bisa membahagiakan semua orang. Tapi kalau kita bahagia, orang lain pun akan turut merasakannya pula!