Sabtu, 23 Februari 2013

Manfaat Membaca Buku-buku Biografi


Salah satu pesan Mas Izadian Z. Fahroji dalam bukunya "Dream Accelerator" adalah anjuran untuk membaca buku-buku biografi. Saya sangat antusias dengan pesan ini. Dan kemudian mulai berburu buku-buku biografi. Sayangya hanya sedikit buku biografi yang menarik minat saya. Salah satunya adalah buku tentang orang nomor satu di Jakarta saat ini, Jokowi. Jujur, saya sangat mengagumi beliau!
Sesuai dengan judul di atas, apa saja ya manfaat dari membaca buku-buku biografi ini? Beberapa hal di bawah ini adalah hasil dari perenungan saya selama membaca buku biografi Jokowi.
Baca Buku

Pertama, kita bisa belajar dari masa lalu sang tokoh. Dari awal, biasanya diceritakan tentang masa kecil sang tokoh. Dari sinilah kisah bermula. Masa kecil yang tidak mudah namun tetap indah. Masa kecil yang serba kekurangan tapi tak menghilangkan harapan. Masa kecil yang penuh dengan kebahagiaan meski di luar kelihatan sangat sederhana. Para tokoh selalu memanfaatkan pengalaman masa kecilnya untuk terus maju, bangkit, berkembang dan menjadi lebih baik. Masa lalu dijadikan sebagai sarana untuk bersyukur bahwa dengan adanya masa lalu itu sang tokoh bisa menjadi seperti sekarang ini.
Kedua, kita bisa belajar dari pengalaman hidup sang tokoh. Ini seperti kita ingin melakukan sesuatu tetapi tidak tahu harus memulai dari mana. Nah, dengan membaca buku biografi kita bisa belajar bagaimana memulai sesuatu. Memulai sebuah kesuksesan. Kita bisa belajar bagaimana beratnya memulai langkah pertama. Tidak mudah memang, tapi dengan tekad dan semangat toh akhirnya bisa juga!
Ketiga, kita bisa belajar dari kegagalan sang tokoh. Sang tokoh bukanlah seorang superhero ataupun manusia yang tak pernah melakukan kesalahan. Justru kesalahan dan kegagalanlah yang kemudian membuat mereka semakin mantap untuk melangkah. Karena mereka, para tokoh itu, belajar dari kesalahan. Ketika gagal dan terjatuh mereka tidak lantas menyerah dan berputus asa. Mereka memang berhenti sejenak. Tapi mereka berheti untuk membuat strategi baru guna meraih apa yang mereka inginkan.
Keempat, kita bisa belajar mengelola kesuksesan. Ini yang juga sangat penting. Meskipun para tokoh itu adalah orang sukses  mereka tetap belajar. Mereka terus menerus menambah wawasan mereka. Mereka juga berusaha untuk selalu berpikir positif. Mereka tidak memikirkan diri mereka sendiri. Bagi mereka melihat orang lain sukses dan sukses bersama orang lain adalah salah sumber kebahagiaan dan kepuasan dalam hidupnya. Mereka tetap peduli pada orang lain dan lingkungan sekitar mereka meski mereka telah mendapatkan segalanya.
So, segera sambangi toko buku terdekat dan cari buku biografi tokoh-tokoh idolamu!

2 komentar:

  1. benar gan .. dengan membaca buku biografi tokoh yang kita idolakan dapat mengispirasi dan memotivasi kita untuk berbuat seperti yang dilakukan tokoh idola kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selalu ada manfaat kalo mau belajar dari orang lain...
      makasih gan udah mampir...

      Hapus