Tuesday, 21 October 2014

New President New Hope

Presiden dan wakil presiden terpilih sudah dilantik kemaren. Indonesia kini punya pemimpinan baru. Sekaligus mempunyai harapan baru akan nasib Indonesia lima tahun ke depan.

Antusiasme masyarakat menyambut presiden baru ini, Jokowi-JK, bisa dilihat dari betapa banyaknya orang yang hadir secara langsung di Monas untuk melihat secara langsung presiden baru mereka. Sepanjang kehidupan saya baru kali ini saya menyaksikan acara pelantikan presiden yang seperti itu. Gairahnya luar biasa. Semangatnya luar biasa. Antusiasmenya luar biasa.

Jokowi dalam pidato kerakyatannya di Pelataran Monas mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang besar. Negara ini tak akan berarti apa-apa jika kita tidak bekerja keras untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara yang kuat dan bermartabat. Ya... beliau mengajal seluruh elemen masyarakat untuk bekerja bersama-sama. Bukan hanya pemerintah saja yang bekerja. Tetapi semuanya. Ya pemerintah ya rakyat Indonesia. Apapun profesi kita... kita tetap bisa menyumbang untuk kemajuan Indonesia.

So, mari kita dukung presiden baru kita untuk mewujudkan Indonesia yang kuat dan bermartabat sesuai dengan profesi kita. Kita kerjakan sebaik-baiknya pekerjaan kita demi masa depan Indonesia. Satu langkah kita akan berarti besar karena langkah-langkah berikutnya akan mengikuti.

New president and a new hope!

Tuesday, 14 October 2014

Tips Lolos CPNS

Menjadi pegawai negeri sipil alias PNS mungkin menjadi impian banyak orang. Tapi sebelum jadi PNS 100% harus menjalani dulu masa percobaan sebagai CPNS selama 1 tahun. Baru setelah itu bisa mengajukan peningkatan status menjadi PNS 100%.
Kita lihat aja ya pas lowongan CPNS dibuka... ribuan orang mendaftar untuk mencoba peruntungan ini. Nggak hanya satu kali. Bahkan temen saya sudah mencoba 9 kali dan baru pada percobaan yang ke-9 bisa tembus CPNS. Sebuah perjuangan tak kenal lelah menurut saya. Padahal untuk seleksi administrasi saja udah ribet ya... belum tes-tesnya... belum nanti pemberkasannya... belum administrasi masing-masing institusi. Yap... meski demikian tetap saja profesi PNS masih menjadi primadona di kalangan masyarakat kita.
Nah, disini saya akan mencoba berbagi tips bagaimana agar lolos CPNS. Saya baru mencoba 1 kali dan alhamdulillah lolos di Kementerian Kesehatan peminatan RS Pusat Otak Nasional Jakarta. Saya kombinasikan dengan pengalaman sahabat-sahabat saya yang dengan suka hati mereka share ketika Diklat Prajabatan beberapa bulan lalu.
1. Niat
Jelas ya yang ini mah harus. Niat dalam arti nggak cuman pengen menjadi PNS tapi udah sedikit banyak tahu tentang seluk beluk kehidupan PNS. Termasuk suka dan dukanya. Mantapkan hati untuk menjadi abdi negara dengan segala konsekuensinya. Kalau niat kita udah bulat insya Allah nanti usaha dan persiapannya juga akan maksimal.
2. Persiapkan Diri
Nah ini yang kadang kelewat nih... Mereka yang daftar CPNS kadang hanya ikut-ikutan saja. Hanya sebatas mencari peruntungan. Kalau lolos ya syukur kalau enggak ya sudah tahun depan nyoba lagi. Jadi nggak ada persiapan sama sekali.
Persiapan ini termasuk belajar soal-soal tes CPNS. Karena menurut beberapa sahabat saya rata-rata soal yang keluar nggak jauh berbeda. Jadi udah siapin diri belum nih? Udah beli paket latihan soal CPNS belum? Segala persyaratan administrasi udah disiapin belum? Udah nanya belum ke temen-temen yang udah lolos CPNS duluan?
3. Teliti
Kesalahan kecil saja bisa bikin kita diskualifikasi saat proses seleksi administrasi. Jadi baca dengan teliti ya semua persyaratannya. Apakah harus ijazah dengan cap basah, apakah harus foto kopi ktp, diperbesar atau enggak, surat-surat apa saja yang harus disertakan, perlu ditandatangai enggak, pakai matre atau enggak. Ya, mau jadi CPNS memang harus sedikit ribet!
4. Restu Orang Tua
Walah kalau ini mah wajib banget ya... restu orang tua emang harus ya... kalau enggak direstuin ya udah mending nurut aja sama ortu. Daripada kuwalat... hehehe
5. Ingat Ini!
Kehidupan CPNS akan berlangsung selama 1 tahun... nah ini juga perlu disiapin. Kenapa? Karena nggak semua CPNS itu enak lho ya...
Jadi dimana peminatan kamu... tanyakan sama temen atau relasi yang ada di tempat tersebut tentang bagaimana seluk beluk CPNS di sana. Jadi kamu bisa siap-siap dari sekarang. Terutama untuk mengantisipasi tidak enaknya hehehe
6. Doa
Usaha tanpa doa itu sombong. Doa tanpa usaha itu bohong.
Jadi doa dan usaha harus berjalan beriringan ya...
Itu saja ya beberapa tips yang bisa saya sharr. Semoga bermanfaat...

Saturday, 11 October 2014

Jangan Ciutkan Diri Sendiri

Pagi-pagi udah ditolak sama orang. Pas nawarin bisnis Oriflame. Jengkel? Nggak lah... Sakit hati? Saya nggak ngijinin hati saya sakit gara-gara ditolak orang. Lempeng aja!

Kata emak upline-ku, kalau mau bisnis MLM itu harus siap ditolak. Kalau enggak mau ditolak ya jangan bisnis MLM. Tapi pada kenyataannya nggak hanya di MLM aja lho kita ditolak. Dalam bisnis apapun pasti ada penolakan. Bisnis konvensional dimana kita memproduksi barang atau jasa sendiri juga banyak kan yang menolak. Produknya jelek, harganya kemahalan, belum butuh produknya dan lain-lain. Bahkan yang nyari kerja juga banyak yang ditolak kan.

Nah, intinya ditolak itu wajar. Jadi nggak usah sakit hati kalau ditolak. Kayak ditolak calon pacar aja... doi nggak mau silahkan cari yang lain... hehehe

Nah, kalau di bisnisku ini... alasan nolaknya itu macem-macem banget. Ada yang bilang enggak bakat. Ada juga yang bilang enggak ada waktu, nggak punya banyak teman, takut ditolak, takut gagal, takut nggak bisa dan lain sebagainya. Kalau diamati lebih dalam semua yang saya sebutin tadi itu belum terjadi. Artinya itu semua hanya ketakutan-ketakutan yang muncul di dalam pikiran kita.

Kita aja belum jalanin bisnisnya masak tau kita nggak bisa? Masak udah bisa memastikan kalau kita nggak bakat? Itu namanya meremehkan diri sendiri. Dan kita nggak bakal tahu sekuat apa diri kita kalau kita nggak pernah mencoba terlebih dahulu. Yang udah nyoba aja belum tentu sukses apalagi yang nggak mencoba sama sekali. Hehehe

Coba sekarang kita ganti sudut pandangnya. Ehm bukan sudut pandang... tapi kata-katanya saja. Dari "Kalau saya gagal gimana?" MENJADI "Kalau saya sukses gimana ya...?" Silahkan dipilih mana yang lebih positif! Semua pasti menjawab yang kedua lebih positif ya dan lebih memberikan harapan kepada kita. Padahal hanya mengubah sedikit kata-katanya.

Jadi, jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bermimpilah setinggi mungkin! Lalu berjuanglah secerdas dan sekuat mungkin. Kamu bisa meraih apa saja yang kamu impikan! Jangan ciut nyali... jangan ciutkan diri sendiri. Jadilah pribadi yang penuh percaya diri!

Oke... IT'S ME AND YESS SURE I CAN!!!

Thursday, 9 October 2014

MY MOOD BOOSTER

Mandi mungkin menjadi hal yang biasa dilakukan. Tapi bagi saya mandi menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Saya ingin berbagi pengalaman seputar mandi ini. Yang jelas mandi saya mandi yang biasa saja kok. Nggak pakai susu atau kembang tujuh rupa. Nggak pakai air anget juga... karena menurut saya lebih seger dan nikmat mandi pakai air dingin. Ritual mandi saya juga nggak aneh-aneh kok... Nggak pakai acara kayang dulu atau guling-guling. Hanya mandi saja tapi hasilnya memang sangat memuaskan buat saya. Terutama saat mood lagi nggak bagus. Dan ternyata mandi ini bermanfaat banget lho bikin mood kita jadi baik...

Ceritanya begini...

Kalau lagi nggak kerja alias di rumah aja saya jarang mandi. Mandi paling satu kali sehari. itupun kalau keringetnya kebangetan. Nah kali ini agak lain. Ceritanya di kepala saya lagi banyak banget yang dipikirin. Kayaknya belum selesai satu pikiran udah dateng pikiran lain yang mesti dituntasin. Dari pagi sampai siang perasaan saya enggak enak, ngrasa bete dan bingung maungapain di kos-kosan. Bersih-bersih kosan udah. Mandi sama nyapu juga udah. Ngeksis di sosmed juga udah. Tapi rasa bete itu nggak ilang-ilang juga. Akhirnya saya hanya bisa bengong di depan tivi.

Tiba-tiba ada ilham yang menyuruh saya mandi. Ya pengen aja mandi. Walhasil langsung meluncur ke kamar mandi. Saya awali dengan sikat gigi, lalu cuci muka baru dah mandi beneran. Pake shampo terus dipijet-pijet pelan biar bersih nih kulit kepala disambung dengan sabunan pakai sabun favorit.

Keluar dari kamar mandipun badan rasanya segar bugar dan mood saya membaik. Saya merasa lebih segar dan bersemangat. Saya merasa lebih segar dan siap untuk tugas selanjutnya. Saya merasa segar dan nggak bete lagi.

SO, kamu lagi bete atau bad mood? Please take a bath as soon as posible!

Wednesday, 8 October 2014

Mari Menulis Lagi...

Sejak SMP saya sudah suka menulis. Media buku dan bolpen selalu menjadi andalan saya sejak dulu. Karena memang tulisannya hanya untuk konsumsi sendiri... jadi ya hanya sebatas itu saja. Tulis lalu baca sendiri dan simpan sampai berjamur bahkan dimakan rayap. Selesai!

Jaman kuliah saya baru mengenal blog. Dan blog ini adalah blog pertama saya. Saya pelihara terus sampai sekarang. Awalnya ya hanya ingin agar apa yang saya tulis bisa dibaca orang lain. Itu saja. Siapa tau bisa kasih manfaat buat yang baca. Kan bisa dua hal sekaligus saya kerjakan. Ya hobi... ya beramal... hehehe enak kan?!

Sebelum ngeblog saya juga suka nulis note di Facebook. Tapi karena lebih enak buat majang status daripada buat nulis maka akhirnya note-note itu nggak begitu saya perhatikan. Saya masih mencari yang pas buat saya. Yang memang bikin saya fokus buat nulis. Akhirnya blog lah pilihan saya.

Di blog inipun isinya saya sesuaikan dengan minat saya. Karena saya suka hal-hal yang berbau motivasi maka banyak tulisan saya yang bertema demikian. Bukan untuk menggurui tapi sekedar sharinh saja. Karena saya juga dapat ilmunya dari orang lain dan buku. Jadi kalau ilmunya cuman mandeg di saya kan sayang.

Nggak kerasa udah 3 tahun saya ngeblog di blog tercinta ini. Ada sekitar 316-an tulisan saya yang saya share di sini. Dan alhamdulillah setiap hari banyak berkunjung. 20-60an kunjungan per hari bagi saya adalah kunjungan yang cukup banyak. Harapan saya... apa yang saya tulis nggak hanya sekedar tulisan. Tapi bisa memberikan manfaat juga buat pembaca sekalian.

Besar harapan saya bisa mendapat saran dan kritik agar blog saya semakin berkembang. Jujur... saya masih awam sekali soal per-blog-an... saya masih butuh banyak belajar. Banyak hal yang belum saya pelajari agar perkembangan blog saya bisa maksimal entah dari sisi konten maupun penampilan mungkin juga SEO-nya...

Sekali lagi saya haturkan terima kasih kepada visitor dan pembaca sekalian yang sudah berkenan mampir, membaca, ngasih komentar... semoga kita bisa menjalani hidup kita dengan passion. Dengan sesuatu yang memang kita sukai. Ada yang bilang pekerjaan yang paling enak adalah HOBI YANG DIBAYAR!

Semoga bermanfaat! Mari menulis lagi...

Saturday, 4 October 2014

Garis Finish

Tetiba saya ingin membaca kisah-kisah inspiratif di laman web www.dbc-network.biz yang memang sering saya kunjungi. Kenapa saya sering kesana? Karena saya ingin mendapatkan suntikan semangat untuk terus berjuang di bisnis ini. Saya juga ingin mendapatkan strategi baru untuk terus mengembangkan jaringan saya. Saya juga ingin mendapatkan bukti-bukti nyata dari mereka yang memang serius di bisnis ini. Mereka yang sudah menuai hasilnya dari bisnis Oriflame.

Mereka yang sudah mendapatkan penghasilan 4-7 juta per bulan. Mereka yang sudah berhasil mendapatkan cash award 7 juta, 14 juta, 21 juta dan sterusnya. Mereka yang sudah meraih CRV gratis dari bisnis ini. Mereka yang sudah mendapatkan car award BMW. Mereka yang sudah merasakan perjalanan ke luar negeri : Dubai, Rusia, Swedia, India dan sebagainya. Mereka yang sukses mewujudkan impian-impiannya : rumah baru, pergi umroh dengan keluarga, menghajikan orang tua, sekolah terbaik untuk anak, mendampingi tumbuh kembang anak-anak tanpa terganggu pekerjaan kantor dan sebagainya.

Ini riil! Ini nyata dan bukan dongeng. Orangnya ada. Saya bisa bertanya kepada mereka bagaimana mereka melakukannya. Saya bisa melihat jerih payah mereka. Saya bisa merasakan semangat mereka.

Sekarang tinggal saya. Kembali lagi ke saya. Untuk apa saya jalanin bisnis ini? Mau buat siapa? Apa yang saya perjuangkan? Impian seperti apa yang saya ingin wujudkan? Pencapaian seperti apa yang ingin saya capai? Apa-apa saja yang ingin saya miliki? Siapa yang ingin saya bahagiakan?

Biarkan saja orang lain melakukan apa yang mereka inginkan. Karena itu hidup mereka. Saya boleh dong menjadi berbeda dengan orang lain karena saya memang menginginkan hasil yang berbeda. Saya menginginkan masa depan yang lebih baik. Saya menginginkan kebebasan finansial. Saya benar-benar ingin uang bukan lagi menjadi masalah buat saya. Saya sudah capek dengar keluhan saya sendiri. Saya sudah lelah dengan hidup yang demikian berat rasanya.

Saya ingin berubah! Saya ingin membahagiakan kedua orang tua saya. Saya ingin membahagiakan isteri saya kelak. Saya ingin membahagiakan anak-anak saya kelak. Saya ingin mempunyai mobil CRV impian saya. Saya ingin rumah impian saya. Saya ingin tinggal dekat dengan orang tua saya. Saya ingin hidup mendampingi mereka, mendampingi anak-anak saya. Saya ingin itu semua. Saya ingin sekali. Bukan! Saya butuh itu semua. Ya saya butuh itu semua.

Sekarang saya harus lakukan apa yang harus saya lakukan? Saya harus tutup poin. Nggak boleh beralasan lagi. Karena sukses saya tergantung saya sendiri. Be stronger man! Saya harus rekrut. Bukan harus. Saya butuh. Saya butuh rekrut. Ya saya butuh rekrut. Rekrut sebanyak-banyaknya. Ceritakan bisnis saya kepada siapa saja. Ceritakan. Jangan malu ya... Saya juga butuh membina downline saya. Mereka telah menyerahkan kepercayaan mereka kepada saya. Saya mau mereka sukses. Saya butuh mereka sukses....

Bismillah... semoga Allah mengijabah niat saya. Aamiin...

Monday, 22 September 2014

Yakin dengan Kemampuan Diri

Seringkali ketika saya telah selesai menjelaskan bisnis saya... banyak yang sebenarnya tertarik dengan perubahan hidup yang mungkin terjadi dalam kehidupan mereka melalui bisnis ini. Akan tetapi banyak yang lantas berkata bahwa mereka mungkin tak bisa melakukan apa yang saya lakukan. Padahal belum dicoba... padahal belum dikerjakan... padahal belum mempelajari lebih lanjut!

Lalu saya iseng jalan-jalan di dunia maya dan menemukan sebuah artikel yang menyadarkan saya bahwa sebenarnya setiap manusia itu punya potensi yang luar biasa dalam berbagai hal. Setiap manusia itu unik. Termasuk kita.

Tuhan telah membekali kita dengan sekian kelebihan dan sekian kekurangan. Ingat ya... kita punya kelebihan lho... Nggak melulu kekurangan yang kemudian sering dijadikan alasan untuk berhenti maju dan hanya stuck di satu tempat saja.

Padahal sebebarnya kita ingin sampai di suatu tempat. Padahal kita ingin mencapai sesuatu dalam hidup. Padahal
kita ingin mewujudkan banyak hal. Padahal kita ingin ini ingin itu... Saya katakan : JANGAN HANYA INGIN! TAPI BERGERAKLAH! LAKUKAN SESUATU!

Karena kalau hanya ingin itu nggak mengubah apapun dalam hidup kita. Sikap hanya ingin justru akan membuat kita lemah dan semakin tak berdaya. Maka milikilah YAKIN. Saya ingin lalu saya yakin. Jangan berhenti hanya sebatas ingin. Lanjutkanlah dengan yakin. Saya ingin dan saya yakin saya bisa! Terasa kan bedanya?

Kita nggak akan pernah tahu apakah kita mampu atau tidak sebelum kita mencoba. Adakah yang salah dengan mencoba? Tentu tidak! Saya yakin dengan mencoba kita akan menemukan sisi lain dari kehidupan yang berbeda dan terkadang justru lebih menarik.

Ketika kita mencoba suatu hal baru kita dihadapkan pada satu kondisi ketidakpastian. Disinilah kita diuji! Seberapa besar keyakinan kita akan menentukan sejauh mana langkah kita. Makin yakin makin makin jauh dan makin makin dekat dengan apa yang kita inginkan. Makin lemah keyakinan kita maka langkah yang kita tempuh juga tak seberapa jauh. Artinya tujuan kita masih jauh.

Biar kita makin yakin maka kita harus sering-sering bertemu dengab orabg-orang yang optimis, yang punya semangat juang, yang punya impian kuat dan tentu mereka yang sudah membuktikan bahwa langkah mereka memang mengarah ke tujuan mereka.

Semoga bermanfaat!
Salam hangat,
Ruri Hidayat | http://my-life-passion.blogspot.com | WA : 087784771589 | BBM : 75A374FE |